kata ganti orang dalam bahasa Korea.( 인칭대명사 )

Telah kita ketahui bersama, bahwa bahasa Korea mengenal tingkatan lawan bicara. Karena hal tersebut, mengungkapkan kata ganti orang harus berhati-hati dan sudah selayaknya untuk dipelajari. Walaupun biasanya, pelajaran kata ganti orang ini dipelajari pada awal-awal pelajaran, namun tak ada salahnya bila saya akan membahas ini, karena juga masih sering ada pertanyaan mengenai hal tersebut.
pronoun
I. Kata ganti orang pertama tunggal  .
1. 나 (na) . Sering disebut “ the first person singular plain (non-polite) pronoun”  yaitu kata ganti orang pertama tunggal, yang digunakan ketika lawan bicaranya setaraf atau lebih rendah. Dalam bahasa indonesia sering dikatakan dengan ” Aku “.  Contoh dalam kalimat adalah sebagai berikut :
A. Ketika menjadi subyek ( 는 , 이 dan 가 ) :
a. 나는 오늘 동물원에 갔다 ( naneun oneul dongmurwone gatda ) = Aku  hari ini pergi ke Kebun binatang.
b. 나는 가을의 새벽을 기다린다 ( naneun gaeurui saebyeogeul gidarinda ) Aku menanti pagi saat musim gugur
c. 나는 구두를 샀습니다  (
naneun gudureul sassseumnida ) Aku telah membeli sepatu.
d. 내가 먼저 할께. ( Naeka meonjo halke ) = saya pergi dulu  . ket :  내가 berasal dari kata 나 + 가.
B. Ketika menyatakan milik ( 나의  atau 내/ nae ) untuk menyatakan” ….aku atau ku :
a. 내 가방은 비싸요 ( nae gabangeun bissayo )  = Tas saya mahal
b.내 나이가 열여덟 살 입니다 ( Nae naiga yeol yeodol sal imnida ) = umurku adalah 18 tahun.
C. Ketika menjadi obyek ( 나를 / nareul ).
a. 나를 잡아봐…! ( Nareul jaba bwa..!! ) Coba tangkaplah daku..!
b 왜 나를 찾니? ( Wae Nareul chani ..? ) Mengapa mencariku ?
2. (Jeo ): adalah bentuk hormat dari 나. Ini digunakan untuk berbicara kepada orang yang lebih tua atau lebih dihormati . Misalnya :
a. 저는 한국 사람입니다 ( jeo-neun hanguk saramimnida )  = Saya adalah orang Korea.
b. 저는 학생 입니다  (  jeo-neun  haksaeng imnida ) = Saya adalah seorang pelajar.
c. 제가 자장면을 먹지 않습니다 ( Jega  jajangmyeon meogji ansemnida ) = Saya tidak makan mie jajang . Ket :  제가 berasal dari kata 저 + 가.
d. 재 이름은 디안이라고 합니다  ( Je ireumeun Dianirago hamnida ) = Nama saya adalah Dian.
e. 저를 불렀어요? ( jeo-reul bulleosseoyo ? ) – Apakah Anda memanggil saya?
3. 우리 ( uri ) dan  저희 (Jeohui). Adalah bentuk jamak dari kata ganti orang pertam tunggal . 우리 adalah bentuk jamak dari 나 ( na ) sedangkan  저희 adalah bentuk jamak dari 저 ( jeo ). Contoh adalah :
a.우리 팀이 이겼다 ( uri timi igyeotta ) = Tim kami menang. Our team won!
b. 이 것은 우리 학교에요.( igoseun uri hagyoeyo ) = ini adalah sekolah kami.
c.  저희가 가방을 찾아드릴게요. ( jeohuiga kabangeul chaca deurilgayo ) = Kami akan mencari tas anda.
d. 저희를 찾고 계시나요? ( Jeohuireul  chatgo kyesinayo ? ) Apakah Anda mencari kami.
Untuk pembahasan tentang kata ganti orang kali ini kita batasi hanya sampai kata ganti orang pertama saja, mudah-mudahan lain kali bisa meneruskan dan dengan sedikit pembahasan ini semoga menjadi lebih mudah dipahami dan diingat. Semoga bermanfaat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: